Tips berkendara saat Mudik Lebaran




Nomor Telpon Layanan Bengkel Siaga 24 Jam Mitsubishi 
terdapat di 8 kota besar di Indonesia, yaitu: 
Jakarta (021-470 9999), Surabaya (0311– 7011 8999), Bandung (022 – 7060 3333), Medan (061 – 7727 3333), Makassar (0411 – 44 55 33), Semarang (024 – 707 11 333), Palembang (0711 – 5846 333), Denpasar (0361 – 8024 333).


TIPS MUDIK DIHARI RAYA
BAGI PENGENDARA KENDARAAN

1.Persiapkan Fisik dan psikologi Kita sebagai orang dewasa yang mampu untuk perjalanan jarak jauh.
2.Istirahat/tidur secukupnya.
3.Makan secukupnya
4.Konsumsi vitamin beberapa hari sebelum keberangkatan.
5.Peta perjalanan, jika perjalanan ini adalah perjalanan untuk pertama kalinya sebaiknya membawa peta untuk mengetahui / mengukur sisa jarak perjalanan ke tempat tujuan.
6.Hindari jalan alternatif jika anda tidak yakin/kurang informasi/kondisi tidak memenuhi (kondisi bensin tipis,uang tunai tidak cukup,kondisi mobil tidak baik dll),terlebih jika anda tidak membawa peta.
7.Pilih jalur yang aman,nyaman dan jalur yang sudah dikenal.
8.Bawa uang Tunai secukupnya/seperlunya karena tidak semua tempat yang kita lalui kita akan menjumpai ATM, dan kemungkinan adalah ketika kita berjumpa dengan ATM kemungkinan ATM tersebut tidak dapat berfungsi/dalam perbaikan/mengantri dll.
9.Bawa uang receh secukupnya/seperlunya karena mungkin ditengah jalan akan bertemu dengan pengemis,pengamen,pak ogah dll.
10.Bawa pulsa handphone cadangan.
11.Perhatikan sisa baterai handphone, minimal anda mempunyai 1 handphone yang tetap standby, lebih baik ketika akan berangkat semua baterai handphone berada dalam posisi full charges, mengantisipasi “sedotan” sinyal pada saat blank spot.
12.Persiapkan nomor kontak untuk keadaan darurat (bengkel,rumah makan,kantor polisi dll)
13.Jangan menyopir dengan seenaknya sendiri, pengguna jalan adalah teman2 kita jadi.Berhati-hati dalam menyopir.
14.Tinggalkan nomor telpun darurat kepada RT/RW tempat anda, dan jika perlu titipkan kunci serep rumah kepada RT/RW (jika rumah yang anda tinggalkan benar-benar kosong tanpa ada yang menempati).
15.Nyalakan lampu depan rumah.
16.Pastikan semua lampu dalam keadaan mati, arus listrik/stop kontak dalam keadaan terlepas.
17.Lepas selang kompor gas.
18.Buatlah daftar barang bawaan dimulai dari yang paling penting,penting , kurang penting dan tidak penting.bawalah barang yang benar-benar anda perlukan, sehingga tidak memakan ruang dibagasi.
Persiapan Mobil :
1.Tune up mobil minimal 1 minggu sebelum berangkat.
Hal – hal yang perlu diperhatikan pada saat tune – up :
Cek Oli : mesin,gardan,persneling,oli rem.
Kaki-Kaki : kampas rem,kondisi ban.
Cadangan Air : air radiator,air wiper
Lain-Lain : kampas kopling,tali kipas,timing belt
2.Cek kelistrikan mobil (lampu depan, lampu sign,lampu rem, lampu mundur,lampu kabin dll)
3.Cek kondisi aki mobil.
4.Cek kondisi ban serep.
5.Cek kelengkapan mobil : dongkrak,kunci roda,senter,payung,sarung tangan,air cadangan untuk radiator dll.
6.Taruh peralatan yang kemungkinan dipergunakan pada kondisi darurat ditempat yang mudah dijangkau (dongkrak,kunci roda,senter,payung,sarung tangan, air cadangan radiator dll)
7.Cek keseimbangan mobil, jika diperlukan ban harus di Balance dan Spooring.
8.Cek kondisi AC.
9.Cek Karet wiper, jika kinerja wiper sudah tidak bagus perlu diganti dengan yang baru.
Tips Perjalanan Malam Hari:
1.Bagi anda yang tidak tahan terhadap kantuk sebaiknya hindari perjalanan malam hari.
2.Sediakan KOPI,Teh hangat,permen,cemilan dll, Kopi adalah minuman yang baik untuk menjadi teman perjalanan anda, kopi akan membuat saraf-saraf mata menjadi terjaga.
3.Sebaiknya anda mempunyai “NAVIGATOR” yang mendampingi anda disisi sebelah kiri untuk “mengintip” keadaan disebelah depan sisi kiri, karena sisi kiri depan dari pengemudi adalah sebuah area “blank spot“.Navigator ini tidak perlu “melek” selama perjalanan bersama anda, tetapi akan sangat dibutuhkan ketika diperlukan menyalip dari sisi kiri.
4.Saat perjalanan malam hari, anda akan bertemu dengan kendaraan-kendaraan besar dalam dan luar kota.
5.TRUK : truk = “keong” anda akan selalu bertemu dengan truk pada saat perjalanan malam hari, truk ini biasanya jalan dengan membawa beban, oleh karenanya truk tidak bisa berjalan gesit, biasanya mereka akan berjalan disisi kanan, sebaiknya berhati-hati ketika akan menyalip dari sisi kiri, gunakan Navigator anda untuk mengintip sisi kiri depan ketika hendak menyalip.
6.BUS : bus yang dijumpai adalah bus malam antar kota, sebaiknya berhati-hati pula jika bertemu dengan bus-bus antar kota ini.
Kondisi di Jalan Raya
1.Beri isyarat
Ketika di depan ada segelintir atau segerombolan motor, segera beri isyarat dengan membunyikan klakson. Cukup satu atau dua kali. Karena, siapa tahu stamina pengendara roda dua mjulai berkurang, terkadang melakukan manuver tiba-tiba tanpa memberi tanda (lampu sein). Atau mendadak lajunya tidak normal (sempurna) akibat ngantuk.
2.Jaga jarak
Jangan menempel rapat. Jaga jarak sekitar dua sampai tiga meter, sehingga memiliki kesempatan untuk berhenti bila ada salah satu motor terjatuh.
3.Menyalip
Di depan terdapat empat sampai lima motor. Pastikan di depan mereka kosong dan jangan kurangi kecepataan saat mendahului. Sebelumnya, kasih isyarat bunyi klakson dibarengi memainkan lampu dim. Ketika menyalip, pastikan kerenggangan mobil Anda dengan motor minimal satu meter setengah, untuk menghindari kecelakaan bila motor terjatuh.
4.Motor dari depan
Saat menyalip mobil, pastikan bebas oleh motor dari arah berlawanan. Kalau pun ada, jangan bikin kaget lantaran ruang geraknnya tersita oleh manuver kita, sehingga ia sampai harus ke luar bahu jalan.
5.Muncul mendadak
Akan sering Anda alami, motor mendadak muncul (mendahului) dari sisi kiri atau kanan dengan kecepatan tinggi, langsung memotong jalur. Makanya, sekalipun menghadapi jalanan lurus, sesekali lirik spion kiri dan kanan untuk memantau kondisi di belakang kita.
6.Berhenti mendadak atau belok seenaknya
Adegan seperti ini sering ditemui dalam keseharian. Sekali lagi, jangan menempel rapat, juga sesama mobil di depan yang bisa melakukan pengereman mendadak karena mendadak ada motor berhenti seenaknya tanpa memberi isyarat
7.Pasar Tumpah
Hati-hati dengan banyaknya pasar tumpah yang ada disepenjang jalan, pasar tumpah sering membuat kemacetan, anda harus tetap berkonsentrasi terhadap jalan,penyeberang dan juga pengguna jalan yang lainnya.
8.Masjid
Jika anda melakukan perjalanan pada hari jum’at dan tidak pada malam hari, maka kemungkinan besar anda akan menjumpai masjid dengan orang yang sedang Sholat Jum’at,tetap berhati-hati dan jugak berkonsentrasi.
Selain semua hal yang telah disebutkan diatas sebaiknya jangan lupa bagi kita untuk Berdoa untuk perjalanan anda, baik itu untuk rumah yang anda tinggalkan, untuk sepanjang perjalanan supaya semuanya berjalan dengan lancar dan juga ketika sampai ditempat tujuan Anda bisa membagikan berkat dan sukacita anda kepada keluarga besar anda.
Demikian beberapa tips dari saya untuk anda yang ingin melakukan perjalanan jauh / mudik bersama dengan keluarga menggunakan kendaraan pribadi.
Keselamatan dijalan adalah harapan keluarga anda semua
Ta’ati peraturan lalu lintas

Akhir kata selamat berlibur / mudik
                                                                                                                        Sumber dari: bangun ariyanto blog’s

TYPE MITSUBISHI OUTLANDER SPORT